ANALISA LAPORAN KEUANGAN DAN PROYEKSI CASH FLOW YANG EFEKTIF DALAM ANALISA KREDIT DAN RISK MANAGEMENT

Facilitator : Team Trainer | 27-28 November  2014 | Jakarta | Capter #4|

GAMBARAN PELATIHAN:

Pemberian kredit merupakan tulang punggung perbankan Indonesia dalam mendapatkan pendapatan dan menghasilkan profit yang optimal. Pemberian kredit juga menjadi sebagian besar pekerjaan yang dilaksanakan di bank yang berkaitan dengan banyak unit organisasi yang berperan di dalamnya, diantaranya adalah credit risk management, credit operation, legal advising, restructuring unit dan unit kerja lainnya. Dalam kegiatan pembiayaan ini salah satu peran utama keberhasilan dan kelancaran kredit adalah dalam melakukan analisa laporan keuangan dan pembuatan proyeksi keuangan. Proyeksi cash flow ini akan berpebngaruh terhadap perhitungan besarnya kredit dan jangka waktu kredit yang diberikan.

Credit Analyst dituntut untuk membuat dan menganalisa laporan keuangan terutana Laporan Laba Rugi, Neraca, Laporan Arus Kas. Selain itu juga diharapkan dapat membuat suatu analisa proyeksi cash flow yang dapat mencerminkan proyeksi yang tepat untuk tahun-tahun ke depan. Selain itu peserta pelatihan juga mendapat penjelasan dan pemahaman mengenai NPV, IRR dan analisa investasi, dan diharapkan dapat memberikan interpretasi yang comprehensive dalam membaca indicator dan rasio dari laporan keuangan dan menjelaskan angka-angka rasio keuangan yang ada.

Training ini memberikan pemahaman mengenai apa yang diperlukan oleh para pihak yang terlibat dalam penelaahan laporan keuangan dan analisa keuangan, serta memberikan tip dan cara memahami keuangan perusahaan yang tercermin melalui analisa laporan keuangan dan proyeksi cash flow ke depan.

TUJUAN PELATIHAN:

Pelatihan diberikan untuk memberikan pengetahuan komprehensif mengenai analisa keuangan dan pemahaman rasio-rasio keuangan, recasting laporan keuangan, pemahaman NPV, IRR, serta membuat suatu proyeksi keuangan ke depannya. Analisa keuangan likuiditas, analisa profitabilitas, dan rasio-rasio keuangan lainnya akan dikupas tuntas dalam pelatihan ini.

Peserta pelatihan juga diajak untuk memahami recasting laporan keuangan, yaitu bagaimana melakukan penyesuaian analisa laporan keuangan yang baik dengan berkaca dari sudut pandang Bank. Dengan hal ini diharapkan peserta mampu memilah komponen-komponen yang diperlukan dalam analisa keuangan, antara lain komponen depresiasi yang terdapat dalam laporan keuangan. Akhirnya peserta akan diajak membaca laporan keuangan dan rasio-rasio keuangan yang didapat dengan pemahaman yang komprehensif.

MANFAAT BAGI PESERTA:

Training ini membantu peserta dalam mendapatkan pemahaman mengenai:

  • Analisa Laporan Keuangan
  • Menghitung rasio-rasio keuangan
  • Recasting laporan Keuangan
  • Forecasting Cash flow
  • Penjelasan NPV, IRR dan interpretasinya
  • Interpretasi Laporan keuangan

Peserta akan dibekali dengan analisa dan interpretasi laporan keuangan serta latihan-latihan yang memungkinkan para peserta untuk dapat lebih efektif dalam menyerap pelatihan yang diselenggaran. Praktek dan kasus-kasus real yang up date juga akan melengkapi peserta dalam membuat keputusan mengenai analisa kuantitatif dalam pemberian kredit.

TARGET PESERTA

Peserta yang diharapkan mengikuti training ini adalah Staf dan Manajer dari unit kerja perkreditan, risk management, penyehatan kredit/restructuring, credit operation, baik Staf maupun Manajer dari:

  1. Bank Pemerintah
  2. Bank Swasta
  3. Bank BPD

Serta pihak-pihak lain yang berkepentingan.

TOPIK/MATERI PELATIHAN (2 hari/16 Jam]:

Hari Pertama:

  1. Overview Pemahaman laporan Keuangan
  2. Perlunya memahami rasio keuangan
  3. Pemahaman akun-akun yang terkait dengan perubahan penjualan
  4. Membuat analisa laporan keuangan
  5. Analisa horizontal dan vertical
  6. Penjelasan dan pemahaman NPV, IRR dan interpretasinya
  7. Latihan dan kasus

Hari kedua:

  1. Recasting Laporan keuangan
  2. Membuat Proyeksi cash flow dan perhitungan kebutuhan kredit
  3. Membuat persyaratan kredit untuk jangka waktu kredit
  4. Interpretasi proyeksi cash flow
  5. Latihan dan kasus

METODA PELATIHAN:

Metoda pelatihan yang dipakai adalah kombinasi komprehensif dari ceramah penjelasan konsep dan aplikasi praktik pembahasan kredit, dan disertai dengan pembahasan kasus dan tanya jawab

INSTRUKTUR:

Team Trainer

Team Instruktur adalah Senior Praktisi Perbankan dan Trainer Perkreditan yang sangat berpengalaman dalam bidang perkreditan dari satu Bank Terbesar di Indonesia. Pengalaman di bidang kredit secara lengkap dimulai dari kredit dalam negeri maupun luar negeri, baik Kredit Bilateral maupun Sindikasi.  Trainer  juga sebagai salah satu penyusun program dan pengajar di LM Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan LPPI (Lembaga Pendidikan Perbankan Indonesia) Jakarta. Berpengalaman memberikan training perbankan untuk Analis Kredit dari berbagai Bank BUMN (Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN), Bank Asing (Bank of Tokyo, Bank Mizuho, ICBC, China Trust), Bank Syariah dan Bank BPD di Indonesia

 

Keterangan lebih lanjut & brosur dapat diperoleh di: email: info@ssaconsulting.co.id

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Tags: , , , , , , , ,

Comments are closed.